Benchmarking dari Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Terkait Dengan Pengelolaan Sistem Informasi Yang Dikembangkan Oleh PTIPD

UPT. PTIPD mendapat kunjungan dari perwakilan Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar pada hari Rabu (18/09/2019), dalam kunjungannya bertujuan untuk melakukan benchmarking terkait dengan pengelolaan sistem informasi dan infrastruktur jaringan yang diterapkan pada lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Acara bertempat di ruang rapat PTIPD lantai 3.

Tamu dari IHDN diterima langsung oleh Kepala PTIPD Dr. Shofwatul 'Uyun, S.T., M.Kom. didampingi oleh Hendra Hidayat, S.Kom. dan Salim Athari, S.Kom. Beliau memberikan beberapa contoh sistem yang ditangani oleh PTIPD, salah satunya adalah Sistem Beban Kinerja Dosen (BKD). Selanjutnya Hendra Hidayat, S.Kom. memberikan penjelasan tentang infrasturuktur jaringan baik yang berupa hardware, software maupun layanan bagi mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik. Beliau juga menyampaikan bahwa pengguna sistem hanya menggunakan satu akun untuk semua dengan memanfaatkan aplikasi LDAP.

Dalam kesempatan kali ini Salim Athari, S.Kom. menceritakan bagaimana awal dari perkembangan sistem di lingkungan Kampus UIN Sunan Kalijaga, yang dulunya setiap unit/fakultas mengembangkan sistemnya secara mandiri dan hingga sampai saat ini semua sistem sudah dapat terintegrasi satu dengan yang lainnya. Peran penting PTIPD dalam hal tersebut cukup besar, karena seluruh sistem yang ada di UIN dikelola dan dikembangkan oleh PTIPD. Selanjutnya beliau memberikan sedikit gambaran tentang sistem yang digunakan, khususnya Sistem Infomasi Akademik (SIA) untuk mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik.