IP TV Broadcasting merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh PTIPD (Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) yaitu fasilitas TV yang memudahkan siaran untuk pengumuman dan berbagai informasi yang akan disampaikan. IP TV Broadcasting bekerja menggunakan IP yang telah ditentukan sehingga bisa dikontrol dan diawasi dengan mudah dari satu stasiun. TV ini tersedia di setiap fakultas dan gedung-gedung seperti Perpustakan, Pusat Administrasi Umum dan lain-lain.

IPyang berarti “Protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP”. Atau lebih mudahnya IP adalah aturan-aturan yang mengatur alamat-alamat dalam suatu jaringan komputer atau antar user komputer yang berbasis pada aturan OSI layer dan biasanya IP ini lebih dikenal dengan protocol TCP/IP.

TVadalah “alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang memiliki arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh”.
Dapat disimpulkan bahwa IPTV adalah siaran televisi, video, teks atau data berbasis internet atau berbasi pada IP, dengan kecepatan minimal 2 megabyte perdetik atau bandwidth yang dapat diakses oleh para pelanggan.

Prosedur managemen IP TV Broadcasting :

Tampilan tv awal sebelum di setting

Proses dilakukan setting IP

Pemberian IP pada tv suka di seluruh tv tiap fakultas

Setelah dilakukan setting pada tv, pengaturan playlist di kontrol di PTIPD.

PTIPDsecara langsung memantau tv di seliruh titik yang terpasang.

Penyetingan dilakukan sampai tv menyala dan dapat di lihat oleh mahasiswa. Siaran tv di lakukan secara serentak yang dimulai sejak pukul 09.00 dan akan mati secara serentak tepat pukul 15.00

Tampilan TV sebelum diberikan layanan dari stasiun.

Setting TV

Memberikan layanan TV dari satu komputer.

Monitoring TV melalui CCTV pada komputer.

Di era digital ini, kita dituntut untuk bisa melakukan semuanya secara cepat. Baik itu dalam hal pemberian informasi, monitoring layanan, dan lain-lain. Maka dari itu, dibutuhkan alat-alat yang mudah, dan cepat untuk mencukupi kebutuhan akan informasi tersebut. Salah satunya adalah IP TV. IPTV merupakan sebuah sistem yang mampu menerima dan menampilkan sebuah video stream yang di-encode sebagai serangkaian paket berbasis IP. PTIPD menggunakan IP TVuntuk mempublikasikan berbagai macam informasi.

PTIPD memantau secara langsung acara tv melalui cctv yang ada pada setiap gedung di kampus UIN.Setiap gedung memiliki setidaknya 1 TV.

PTIPD memonitor, membuat, dan menayangkan acara-acara yang ditampilkan TVSuka. Selain itu PTIPD secara langsung melakukan setting pada TVSuka pada titik pemasangan TVdi seluruh fakultas. Penyetingan meliputi waktu tayang dan waktu mati secara otomatis agar dapat mati dan tayang secara serentak. Setting juga meliputi pemberian ip agar dapat di akses untuk keperluan monitoring.

Setelah melalui setting dan monitoring acara yang tayang, barulah tv dapat di lihat oleh mahasiswa, untuk mempermudah dalam halpemberian informasi berupa pengumuman dan kegiatan di UIN. Selain itu, TV Suka juga menjadi sarana publikasi bagi mahasiswa-mahasiswa yang mempunyai karya video yang ingin dipublikasikan. Semisal pengumuman mengenai suatu event seperti KCF(Kalijaga Creative Festival) dan lain-lain

Arsip Liputan
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom