IP Telephony adalah salah satu fasilitas PTIPD yang memungkinkan interaksi telepon tak berbayar karena menggunakan IP. Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephonyatau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kodedigitaldan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

IP Phone atau Telepon IP (Internet Protocol) merupakan telepon teknologi baru yang menggunakan protokol internet dalam pengoperasiannya. Telepon IP ini dapat digunakan untuk memindahkan hubungan untuk mengganti suara, mengirim fax, paket video, dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu. Telepon IP menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan data. Dalam perkembangannya, layanan telepon IP akan bekerja sama dengan perusahaan telepon lokal, provider jarak jauh seperti AT&T, perusahaan TV cabel, Internet Service Providers (ISPs), dan operator layanan wireless. Telepon IP merupakan bagian penting dalam penggabungan antara komputer, telepon, dan televisi dalam satu lingkungan komunikasi. VoIP (Voice over IP) adalah pengorganisasian untuk menstandardisasi telepon IP. VoIP digunakan sebagai landasan untuk unified message (UM) dan unified communications (UC). Tanpa VoIP, integrasi dari berbagai program server akan sulit dilakukan. Jaringan yang ada pada IP bukan tipe yang siap untuk menghadapi lalu lintas VoIP sistem LAN harus dibagi antara VLAN dengan pesan suara dan data.

Video call adalah telepondengan layar videodan mampu menangkap video (gambar) sekaligus suara yang ditransmisikan. Fungsi telepon video sebagai alat komunikasi antara satu orang dengan orang yang lainnya secara waktu nyata(real-time). Saat ini telepon video sangat berguna bagi orang tuli dan bisu, karena melalui telepon video, komunikasi bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa isyarat melalui layanan video tersebut. Begitu juga untuk orang-orang yang berada di tempat lain yang jauh dan ingin berkomunikasi dengan orang yang berada di tempat lain yang jauh pula. Telepon video dapat digunakan sebagai alat yang dapat menyalurkan gambar serta suara dalam bentuk video sehingga terlihat seperti nyata.

Conference Call merupakan audio konferensi yang menggunakan internet IP address untuk tujuan komunikasi, dengan teknologi SIP, alat ini sangat cocok untuk audio konferensi dengan ukuran ruangan dari yang kecil hingga yang besar.

IP Telephony menggunakan Smartphone

Selain peralatan tersebut, IP Telephony dapat dipakai menggunakan smartphone yang sudah terinstalasi aplikasi yang mendukung. Contoh aplikasi yang mendukung untuk smartphone berbasis iOS adalah Adore SIP Client, 3CXPhone, dan Join softphone. Contoh aplikasi yang mendukung untuk smartphone berbasiswindows phone adalah Linphone.Contoh aplikasi yang mendukung untuk smartphone berbasis android adalahCSipSimple. Panduan instalasi aplikasi tersebut dapat dilihat melalui tautan berikut ini:
Panduan Instalasi IP Telephony di iOS
Panduan Instalasi IP Telephony di Windows Phone
Panduan Instalasi IP Telephony di Android


Arsip Liputan
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom