Rabu, 7 Januari 2015 12:20:08 WIB Dilihat : 1088 kali

Surabaya – Dengan semakin berkembang pesatnya dunia pendidikan, maka agar tidak ketinggalan dengan negara-negara maju yang telah lebih dahulu mengaplikasikan teknologi untuk kemudahan pendidikan, maka IBM berkolaborasi dengan lembaga pendidikan di Indonesia.

IBM (NYSE: IBM) menegaskan komitmennya di dunia TI dengan menghadirkan dunia pendidikan yang lebih pintar dengan menyelenggarakan workshop IBM Smarter Solutions for Education di Surabaya, Kamis (23/2) lalu. IBM terus berupaya memenuhi kebutuhan sistem pendidikan pintar melalui berbagai inovasi dari perangkat keras, piranti lunak dan layanan IBM yang mudah diinstal, dikelola dengan harga terjangkau.

Perluasan geografis adalah salah satu strategi pertumbuhan utama IBM dan Indonesia merupakan salah satu negara yang di fokuskan di kawasan ASEAN, dimana IBM memiliki program perluasan bisnis yang dapat mendukung dan memanfaatkan perkembangan di kawasan ini seperti Surabaya. IBM berkomitmen untuk membantu universitas, perusahaan, lembaga pemerintah dan industri di kota-kota ini untuk mengembangkan kecakapan teknologi dan meningatkan produktifitas.

Workshop ini juga mengedepankan berbagai solusi pendidikan IBM terbaru yang dapat membantu sekolah-sekolah dan universitas-universitas melakukan transformasi TI mereka, serta mengurangi biaya kepemilikan total dan biaya operasional secara keseluruhan. Solusi-solusi IBM untuk sektor pendidikan meliputi komputasi awan, sistem sumber terbuka (open source), virtualisasi dan analitik, yang akan membuat industri pendidikan terinterkoneksi untuk mengakses dan berbagi sumber daya, terinstrumentasi untuk mengumpulkan data penting, dan semakin pintar untuk mewujudkan inovasi. Selain itu, teknologi perangkat keras dan piranti lunak IBM memungkinkan lembaga-lembaga pendidikan untuk mengelola aplikasi dan layanan yang ada dengan biaya yang lebih rendah. Solusi-solusi ini akan menumbuhkan inovasi dan efisiensi yang pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas dan memperbaiki layanan.

Universitas Islam Nasional (UIN) Sunan Kalijaga, salah satu universitas Islam terkemuka di Yogyakarta telah mengimplementasikan IBM Power Systems, yang terdiri dari IBM BladeCenter, IBM Storwize V7000 dan Layanan (Jejaring & Fasilitas), untuk membangun infrastruktur universitas ini secara keseluruhan. Sebelumnya, sistem server dan penyimpanan UIN terpisah-pisah dan mengalami kesulitan dalam meningkatkan kinerja layanan network untuk civitas akademiknya. Kini, dengan IBM Power Systems, UIN dapat mengintegrasikan proses bisnisnya, meningkatkan performa, mendorong tingkat penggunaan, mempertahankan pertumbuhan data dan mengurangi biaya operasi secara keseluruhan.

IBM Storwize V7000 dirancang untuk secara efisien dan hemat biaya mengelola luapan data yang mengalir ke dalam perusahaan. Dengan demikian, data dapat dengan cepat disajikan untuk berbagai beban kerja, seperti pemrosesan transaksi. IBM Storwize V7000 dirancang agar mudah digunakan dan dikelola, mudah disebarkan dengan sumber daya minimal, menawarkan efisiensi dan fleksibilitas melalui optimalisasi teknologi “thin provisioning” dan SSD built-in, serta memungkinkan pengguna untuk memvirtualisasikan dan menggunakan kembali sistem disk yang ada. Ini adalah sistem penyimpanan berpeforma tinggi yang dikembangkan IBM untuk membantu perusahaan-perusahaan mencapai tujuan bisnis dan pertumbuhannya, yaitu tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan mengkapitalisasikan peluang-peluang yang ada di negeri ini.

Teknologi dan penawaran IBM BladeCentre menawarkan sebuah alternatif bagi pelanggan untuk mengatasi masalah ruang yang panas dan rak yang berantakan. Dengan desainnya yang modular, server IBM Blade Centre dapat mengurangi biaya karena memanfaatkan ruang lantai secara lebih efisien. Selain itu pengelolaannya yang lebih sederhana membantu mempercepat pekerjaan, seperti penyebaran, pembaruan dan perbaikan ratusan server blade. Server IBM BladeCentre juga menawarkan performa yang lebih baik dengan melipat-gandakan densitas rak yang ada serta dengan mengintegrasikan sumber daya dan berbagi komponen-komponen utama. Hal ini membantu mengurangi biaya dan meningkatkan ketersediaan, tanpa mengorbankan performa.

“Sebuah sistem TI yang kokoh dan skalabel sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan institusi kami. Setelah mengevaluasi semua vendor, kami memutuskan bahwa teknologi IBM adalah pilihan terbaik untuk menjalankan kesulurah sistem TI kami,” tutur Agung Fatwanto, Ketua UPT Pusat Komputer dan Sistem Informasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Komponen penting lainnya dari strategi IBM untuk memajukan industri pendidikan adalah upayanya untuk terus memupuk bakat-bakat setempat di bidang teknologi. Untuk itu, IBM telah bermitra dengan berbagai perguruan tinggi dan universitas di seluruh Indonesia, seperti Institut Teknologi Surabaya (ITS), Institut Informatika dan Manajemen Poiteknik Sumatera Utara, Universitas Sumatera Utara, Universitas Maranatha, Universitas Pelita Harapan dan Universitas Bina Nusantara sebagai bagian dari sebuah program akademis global untuk membekali siswa-siswi dengan kecakapan TI yang mereka butuhkan untuk bersaing di tempat kerja. (amelia)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Liputan
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom